Senin, 28 Mei 2012

Pengertian Jaringan

1.    Pengertianjaringan
Jaringankomputeradalahkumpulandarisejumlahperangkatberupakomputer, hub, switch, router, atauperangkatjaringanlainnya yang terhubungdenganmenggunakan media komunikasitertentu (Wagito, 2005).Perangkat yang terhubungdenganjaringandisebutjugasebagai node. Hal inimemungkinkanpenggunadapatbertukardokumendan data, mencetakpadaprinter yang sama, danmenggunakansumberdayajaringan (hardware dan software) ada.
2.    A).Pengertian LAN, MAN, DAN WAN
Local Area Network(LAN)
Local Area Network biasadisingkat LAN adalahjaringankomputer yang jaringannyahanyamencakupwilayahkecil; sepertijaringankomputerkampus, gedung, kantor, dalamrumah, sekolahatau yang lebihkecil. Saatini, kebanyakan LAN berbasispadateknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakanperangkat switch, yang mempunyaikecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selainteknologi Ethernet, saatiniteknologi 802.11b (ataubiasadisebutWi-fi) jugaseringdigunakanuntukmembentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakankoneksi LAN denganteknologiWi-fibiasadisebut hotspot.
Padasebuah LAN, setiap node ataukomputermempunyaidayakomputasisendiri, berbedadengankonsep dump terminal. Setiapkomputerjugadapatmengaksessumberdaya yang ada di LAN sesuaidenganhakakses yang telahdiatur.Sumberdayatersebutdapatberupa data atauperangkatseperti printer.Pada LAN, seorangpenggunajugadapatberkomunikasidenganpengguna yang lain denganmenggunakanaplikasi yang sesuai.
BerbedadenganJaringan Area Luasatau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyaikarakteristiksebagaiberikut :
1. Mempunyaipesat data yang lebihtinggi
2. Meliputiwilayahgeografi yang lebihsempit
3.Tidakmembutuhkanjalurtelekomunikasi yang disewadari operator telekomunikasi
Biasanyasalahsatukomputer di antarajaringankomputerituakandigunakanmenjadi server yang mengatursemuasistem di dalamjaringantersebut.


Wide Area Network (WAN)
WAN adalahsingkatandariistilahteknologiinformasidalambahasaInggris: Wide Area Network merupakanjaringankomputer yang mencakup area yang besarsebagaicontohyaitujaringankomputerantarwilayah, kotaataubahkannegara, ataudapatdidefinisikanjugasebagaijaringankomputer yang membutuhkan router dansalurankomunikasipublik.
WAN digunakanuntukmenghubungkanjaringanlokal yang satudenganjaringanlokal yang lain, sehinggapenggunaataukomputer di lokasi yang satudapatberkomunikasidenganpenggunadankomputer di lokasi yang lain.

Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan area network ataudisingkatdengan MAN. Suatujaringandalamsuatukotadengan transfer data berkecepatantinggi, yang menghubungkanberbagailokasisepertikampus, perkantoran, pemerintahan, dansebagainya. Jaringan MAN adalahgabungandaribeberapa LAN.Jangkauandari MAN iniantar 10 hingga 50 km, MAN inimerupakanjaringan yang tepaMetropolitan area network ataudisingkatdengan MAN. Suatujaringandalamsuatukotadengan transfer data berkecepatantinggi, yang menghubungkanberbagailokasisepertikampus, perkantoran, pemerintahan, dansebagainya. Jaringan MAN adalahgabungandaribeberapa LAN.Jangkauandari MAN iniantar 10 hingga 50 km, MAN inimerupakanjaringan yang tepatuntukmembangunjaringanantarkantor-kantordalamsatukotaantarapabrik/instansidankantorpusat yang beradadalamjangkauannya.


   B). PENGERTIAN PEER TO PEER DAN CLIENT SERVER
-Peer to peeradalahjaringan di manasetiapkomputerdapatberfungsisebagai server artinya user komputer yang adadalamjaringantersebutdapatmenjadiseorang administrator. Diadapatmelakukan sharing sumber-sumberyang memiliki : file, CD-ROM. modem printer dan fax.

Client server
Client serveradalahjaringan di manasistem administrator adapada file server sehinggasemuakomunikasiharusmelalui server.


3.    PENGERTIAN PROTOKOL DAN FUNGSI PROTOKOL
Protocol adalahsebuahaturan yang mendefinisikanbeberapafungsi yang adadalamsebuahjaringankomputer,misalnyamengirimpesan,data, informasidanfungsi lain yang harusdipenuhiolehsisipengirim (transmitter) dansisipenerima (receiver) agar komunikasiberlangsungdenganbenar.

Fungsi :untukmemungkinkanduaataulebihkomputer agar dapatberkomunikasidenganbahasa yang sama.

Tidak ada komentar: